RI Pembawa 'Angin Segar' Bagi Negara Berkonflik

RI Pembawa 'Angin Segar' Bagi Negara Berkonflik

ZoyaQQ – Dalam kisruh yang marak terjadi di beberapa negara saat ini, Indonesia dianggap memiliki peran penting bagi negara-negara sahabat di kawasan Asia Selatan, Afrika, dan Timur Tengah.

Indonesia juga dianggap membawa angin segar bagi negara yang tengah dilanda ketegangan. Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia, Dino Patti Djalal, menilai sistematis politik internasional di Indonesia masih kurang memperhatikan wilayah Asia Selatan.

"Sering kali perhatian pemerintah kita lebih condong ke Asia Timur atau negara lain. Padahal di Asia Selatan ada perkembangan yang sangat signifikan," kata dia, di Jakarta, Jumat, 6 Januari 2017.
Diplomat karier Indonesia ini juga menyebut India menjadi salah satu negara di kawasan Asia Selatan yang mengalami kemajuan besar di berbagai bidang, seperti keamanan dan ekonomi.

"Ekonomi India sudah maju sangat pesat karena bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan asing. Untuk sektor keamanan, India sekarang sudah memiliki kapal induk," katanya.

Selain itu, keberadaan Samudera Hindia juga berperan penting bagi keamanan Indonesia, sehingga sudah seharusnya pakar politik internasional di Tanah Air tidak lagi menganggap remeh kawasan perairan di sekitar Indonesia.

"Indonesia jadi Ketua IORA (Indian Ocean Rim Association), Samudera Hindia rawan konflik dengan negara sekitar. Jadi, kita punya andil di sana untuk menjaga keamanan," ujarnya. Sehingga, harus menjalin hubungan baik dengan negara-negara di Asia Selatan.
Selain kericuhan yang terjadi antar sesama negara dalam satu kawasan, Asia Selatan juga mengalami konflik dengan negara di kawasan lainnya, sehingga meningkatkan potensi instabilitas keamanan di wilayah itu.

Konflik tersebut antara lain terjadi di perbatasan Pakistan dan India di Kashmir, di perbatasan India dan China, ancaman militan Taliban di Pakistan, dan juga masalah keamanan di Samudera Hindia.

No comments

Powered by Blogger.