Delapan Polisi Indonesia Belajar Berkomunikasi dengan Rakyat Bersama Polisi Jepang

Delapan Polisi Indonesia Belajar Berkomunikasi dengan Rakyat Bersama Polisi Jepang



ZoyaQQ — Sebanyak delapan polisi Indonesia belum lama ini mengikuti pelatihan di pos polisi Hiratsuka Perfektur Kanagawa Jepang untuk mempelajari bagaimana polisi Jepang melakukan komunikasi yang baik dengan masyarakat Jepang.

"Para polisi Indonesia itu rupanya sangat rajin dan serius sekali mendengarkan berbagai ceramah dan informasi dari polisi Jepang bulan Oktober lalu saat berkunjung ke Hiratsuka," ungkap sumber Tribunnews.com, Sabtu (7/1/2017).

Selama 23 hari mereka berlatih di Jepang, sosialisasi ke berbagai tempat, termasuk juga ke pos polisi Totsuka dan juga pos polisi selatan bersama para polisi Jepang.
Bahkan tanggal 12 Oktober berkunjung ke Stasiun Yokohama serta ke Jojima di Stasiun Hiratsuka untuk mengamati berbagai kegiatan yang dilakukan polisi Jepang, termasuk juga cara kerja polisi Jepang di kantornya dan fasilitas umum yang ada di sana.

Bersama polisi Yamada Hirofumi, seorang polisi Indonesia, Ade Zamura (35), merasa puas dengan penjelasan yang diberikan polisi Jepang.
"Kita ke Jepang ini untuk bertukar pikiran, tukar pandangan melihat langsung cara kerja polisi Jepang, belajar dari mereka yang telah dilakukan selama ini. Kami memahami pentingnya komunikasi langsung dengan rakyat dan hal itu menjadi pelajaran berharga bagi kami dan akan kami terapkan di Indonesia nanti sepulang ke tanah air," kata Ade.

Selain dengan polisi Hiratsuka, delapan polisi Indonesia tahun lalu juga bekerjasama dengan polisi Perfektur Miyagi dan berlatih di Jepang untuk pertukaran informasi serta pelatihan lebih lanjut.

Polisi Indonesia terpisah dari militer sejak tahun 2000 dan hal ini menjadi catatan penting pula bagi polisi Jepang mengenai struktur organisasi kepolisian di Indonesia dari sejarah hingga saat ini.

No comments

Powered by Blogger.