Mengejutkan! Wanita Ini Mengaku Miliki Tongkat Komando Bung Karno yang Selama Ini Menjadi Misteri



ZoyaQQ — Benda–benda milik Presiden ke-1 RI, Soekarno, selalu memiliki nilai historis tersendiri. Salah satu yang paling diburu adalah tongkat komando yang biasa dibawa oleh sang proklamator.

Namun secara mengejutkan, tongkat komando yang biasa dibawa Soekarno semasa menjadi Presiden RI itu, kini diklaim berada di Pangandaran. Pengakuan itu diungkapkan oleh keluarga mantan ajudan Bung Karno.

Seperti yang tim ZoyaQQ lansir dari sumber Okezone News, tongkat sepanjang 53 sentimeter itu terbuat dari kayu pohon kelapa. Sementara pada bagian ujung atas dan bawahnya terdapat tembaga kuning.

Dini Octaviani (34), anak dari mantan ajudan Bung Karno itu mengatakan, tongkat tersebut diperolehnya dari sang ibu, Siti Masitoh, yang disinyalir merupakan peninggalan ayahnya, Raden Misdjan Sunaryo.

“Ayah saya bernama Raden Misdjan Sunaryo, wafat pada usia 87 tahun pada 10 Agustus 2019 lalu,” kata Dini yang tinggal di Dusun Sukadana, RT 22 RW 09 Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran itu.

Perempuan cantik yang bekerja sebagai bidan desa itu menambahkan, ayahnya sering mengalami pindah tugas ke berbagai daerah. Sehingga pada waktu pembacaan teks proklamasi, ayahnya menjadi salah satu ajudan Bung Karno.

“Pengakuan ayah waktu hidup saat Pak Soekarno membacakan teks proklamasi. Ayah saya berada di jajaran belakang Pak Soekarno yang memberikan teks proklamasi dan juga membawakan tongkat komando Bung Karno,” tambahnya.

Setelah dewasa, sambung Dini, ia diamanatkan ibunya untuk menjaga tongkat tersebut. Padahal, dirinya tidak tahu apa manfaat dan cara menggunakan tongkat itu.

“Saya hanya diamanatkan untuk tidak memberikan barang ini kepada siapa pun, karena amanat ibu saya barang ini merupakan salah satu bukti sejarah dan saksi bisu perjalanan perjuangan ayah selama bertugas, juga cenderamata dari Pak Soekarno,” pungkas Dini.



Berdasarkan beberapa referensi yang berhasil dihimpun, semasa Bung Karno menjadi presiden memiliki banyak tongkat komando, sebagai salah satu perhiasan dan benda yang wajib dibawa dirinya saat sedang bertugas menjadi presiden.

Konon, beberapa kalangan mempercayai, bahwa tongkat komando Bung Karno yang asli memiliki kekuatan mistis yang besar. Bahkan dipercaya dari sanalah salah satu kekuatan, kharisma dan wibawa Soekarno, sehingga bisa dihormati oleh banyak bangsa lain saat ini.

Hal tersebutlah yang membuat tongkat komando Bung Karno jadi benda memorabilia yang paling diburu oleh para kolektor, mulai dari zaman dahulu hingga sekarang. Memang beberapa kali ada terdengar kabar yang mengatakan tongkat tersebut ditemukan, namun belum ada yang bisa memastikan keasliannya.

No comments

Powered by Blogger.